facebook KLIK PANGKAH UNTUK TUTUP Button Close
loading...

Dosa-Dosa Besar yang Tidak Diampuni Allah



Alquran telah menjelaskan banyak hal tentang aturan-aturan kehidupan yang sudah Allah tetapkan dalam kehidupan manusia, dari hal terkecil hingga hal yang sangat penting semua sudah Allah jelaskan segala aturannya di dalam kitab-Nya.

Sehingga barangsiapa yang melanggarnya maka ia akan mendapatkan dosa. Berbicara soal dosa, ada beberapa macam dosa yaitu dosa besar dan dosa kecil. Dan dosa-dosa tersebut ada yang dapat diampuni namun ada juga yang tidak akan diampuni oleh Allah SWT.
Dosa-Dosa Besar yang Tidak Diampuni Allah

Allah adalah Maha Pengasih dan Penyayang, selai itu Allah juga Maha Pengampun. Sehingga Allah akan selalu memaafkan dosa-dosa yang telah kita lakukan, namun Allah tidak akan mengampuni dosa-dosa berikut ini:

1. Musyrik

Musyrik adalah sebutan bagi orang yang melakukan dosa syirik, yaitu mempersekutukan Allah dengan sesuatu. Dosa syirik ini tidak akan diampuni oleh Allah, karena Dia telah berfirman:

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar." [QS. An-Nisa ayat 48]

Salah satu dosa syirik adalah seperti mengkeramatkan suatu benda dan menganggap benda tersebut dapat memberikan kekuatan kepadanya, dan lain sebagainya. Dan orang yang meninggal dalam keadaan musyrik maka ia akan ditempatkan didalam neraka dan dia kekal didalamnya.

2. Murtad

Murtad merupakan seseorang yang keluar dari Islam, murtad adalah sebuah dosa besar bahkan dalam syariat Islam orang murtad itu adalah halal untuk dibunuh. Allah tidak akan mengampuni dosa orang yang murtad dan Allah akan melaknatinya, kelak di akhirat ia akan ditempatkan didalam neraka dan kekal didalamnya.

3. Durhaka Kepada Orangtua

Durhaka kepada orangtua adalah sebuah dosa besar dalam Islam yang tidak Allah ampuni apabila pelakunya tidak segera bertaubat dengan taubat yang sungguh-sungguh.

Dalam sebuah hadits diterangkan bahwa ridha Allah terletak pada ridha orangtua dan kemurkaan Allah terletak pada kemurkaan keduanya. Untuk itulah, menyayangi dan mentaati orangtua adalah hal yang wajib dan tidak boleh ditawar lagi, dengan catatan kita wajib mentaati perintah orangtua selama perintah tersebut adalah perintah yang baik dan tidak bertentangan dengan ajaran Islam.

Namun, jika orangtua kita menyuruh kita untuk melakukan hal yang bertentangan dengan Islam, maka kita wajib mengingatkannya. Itupun harus dengan cara yang lembut.

4. Pergi ke Dukun

Hal ini kadang dimasyarakat masih banyak yang mengikutinya. Padahal mengakunya muslim tetapi masih percaya apa yang dikatakan ilmu perdukunan (peramalan kehidupan). Dosa apabila kita sampai melakukan hal di atas maka sholat kita tidak akan diterima sampai 40 hari.

5. Sumpah Palsu

Allah berfirman: "Sesungguhnya orang-orang yang menukar janji (nya dengan) Allah dan sumpah-sumpah mereka dengan harga yang sedikit, mereka itu tidak mendapat bahagian (pahala) di akhirat, dan Allah tidak akan berkata-kata dengan mereka dan tidak akan melihat kepada mereka pada hari kiamat dan tidak (pula) akan mensucikan mereka. Bagi mereka azab yang pedih." [QS. Ali Imran ayat 77]

Diriwayatkan dari Imran bin Hushain r.a, dari Nabi saw. bersabda, "Barangsiapa bersumpah dengan sumpah dusta pada saat dia wajib bersumpah, silahkah ia menduduki tempat duduknya dengan wajahnya di dalam neraka," [HR. Abu Dawud].


SUMBER ASALNYA DISINI

loading...
Dosa-Dosa Besar yang Tidak Diampuni Allah Dosa-Dosa Besar yang Tidak Diampuni Allah Reviewed by Nur Fadah on 12:09 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.