facebook KLIK PANGKAH UNTUK TUTUP Button Close
loading...

Sebab-Sebab Manusia Mendapat Siksa Kubur



Setiap manusia pasti akan memasuki alam kubur, karena kubur adalah tempat persinggahan selanjutnya untuk menunggu hari kebangkitan datang. Namun, di dalam kubur manusia juga sudah dapat mengerti nasibnya kelak di akhirat.

Karena di dalam kubur ada yang namanya siksa kubur dan juga nikmat kubur. Siksa kubur akan diberikan kepada seseorang yang amal buruknya atau dosanya lebih banyak daripada pahalanya, sedangkan nikmat kubur akan diberikan kepada seseorang dengan amal buruk yang lebih sedikit daripada pahalanya.
Sebab-Sebab Manusia Mendapat Siksa Kubur

Dalam sebuah hadits pernah disebutkan bahwa orang yang mendapatkan siksa kubur akan dapat merasakan panasnya hawa neraka setiap pagi dan petang karena pintu neraka dibuka, dan yang mendapatkan nikmat kibur dapat merasakan hawa surga setiap pagi dan petang karena pintu surga telah dibuka untuknya. Sehingga dari situ para penghuni kubur dapat mengetahui nasib mereka di akhirat.

Suatu hari Rasulullah pernah mendatangi dua kubur dan beliau mengatakan bahwa dua penghuni kubur tersebut tengah disiksa, namun mereka disiksa bukan karena dosa-dosa besar, mereka disiksa karena menyepelekan hal-hal kecil dan sepele. Dan berikut ini adalah hal-hal yang dapat menyebabkan manusia disiksa didalam kubur, bahkan hanya karena hal-hal sepele yang sering diabaikan dalam kehidupan sehari-hari.

1. Tidak Memperhatikan Kebersihan Sewaktu Buang Air Kecil

Ini adalah hal yang paling sering disepelekan oleh banyak orang, terutama kaum laki-laki. Rasulullah memerintahkan kita untuk beristinja baik setelah buang air besar atau kecil, karena selain karena alasan kesehatan hal ini juga dapat membersihkan diri kita dari najis setelah buang air.

Orang yang tidak beristinja dengan sebersih-bersihnya dapat mendapatkan siksa di alam kubur. Karena secara tidak sadar ia masih terkena najis setelah buang air. Untuk itu, sangatlah penting untuk memperhatikan kebersihan dalam beristinja agar tehindar dari penyakit dan terhindar dari najis yang menyebabkan siksa kubur tentunya.

2. Namimah atau Adu Domba

Namimah merupakan sebuah sifat tercela, pengertian namimah adalah memfitnah dan membicarakan orang lain dengan tidak benar dan tidak sesuai dengan kenyataannya dengan tujuan merusak hubungan atau persaudaraan diantara keduanya (yang diceritakan dan yang diberi cerita).

Orang-orang yang gemar melakukan namimah atau adu domba bahkan diancam oleh Rasulullah dengan hadits berikut,

"Tidak akan masuk surga, orang yang qattat (yakni ahli namimah)." [HR. Bukhari dan Muslim]

Dengan demikian, janganlah mendekati apalagi sampai melakukan namimah, karena selain mendapat siksa didalam kuburnya pelakunya juga tidak akan masuk surga.

3. Menyebar Kebohongan

Menyebar kebohongan adalah salah satu dosa besar namun sering kita jumpai di masyarakat. Orang-orang yang gemar menyebarkan kebohongan ini kelak di alam kubur akan mendapatkan siksa dengan gergaji dari kepala hingga tengkuknya.

4. Enggan Membaca Alquran

Orang-orang yang enggan membaca Alquran akan mendapatkan siksa didalam kuburnya dengan cara dipukul batu dibagian kepalanya. Untuk itu, mengapa kita perlu membaca Alquran? karena selain mendapatkan pahala kita juga dapat terhindar dari siksa kubur yang mengerikan ini.

5. Zina

Perzinaan seolah-olah sudah mendarah daging dari zaman dahulu hingga sekarang. Bahkan dizaman sekarang ini, perzinahan sudah banyak dilakukan secara terang-terangan. Hal ini terbukti dari diizinkannya tempat-tempat hiburan malam yang penuh maksiat dan sebagainya.

Padahal orang-orang yang berbuat zina akan dipanggang diatas pengapian yang sangat panas, Na'udzubillah.

6. Riba

Riba berarti menetapkan bunga/melebihkan jumlah pinjaman saat pengembalian berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok, yang dibebankan kepada peminjam.

Kelak, para pemakan riba akan mendapat siksa berupa ditenggelamkan didalam sungai darah dengan dilempari batu.

7. Meninggalkan Hutang

Nah, ini yang harus menjadi perhatian kebanyakan orang. Banyak orang yang suka berhutang, namun mereka suka lupa dan tidak membayarnya. Bahkan hingga meninggal dunia, ia tidak membayar hutangnya.

Kelak ia akan ditahan ketika hendak masuk surga hingga hutang-hutangnya lunas di pengadilan akhirat. Untuk itu, betapa pentingnya kita memperhatikan hutang. Jika berhutang, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk membayarnya.

Semoga bisa menjadi renungan dan pelajaran untuk kita semua, Aamiin.



loading...
Sebab-Sebab Manusia Mendapat Siksa Kubur Sebab-Sebab Manusia Mendapat Siksa Kubur Reviewed by Unknown on 4:25 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.