facebook KLIK PANGKAH UNTUK TUTUP Button Close
loading...

Allahu Akbar!! Inilah Hal-Hal Yang Menyelamatkan Manusia Dari Azab Dan Siksa Kubur


Mempersiapkan diri sebelum menghadapi kematian merupakan faktor yang dapat menyelamatkan seseorang dari azab kubur, sehingga ketika maut datang secara tiba-tiba, maka kelak tidak akan muncul penyesalan dalam dirinya. Diantara persiapan menghadapi maut adalah segera bertaubat, menunaikan kewajiban dalam syariat, memperbanyak amal saleh, memperbaiki akidahnya, berjihad, berbuat baik pada orang tua, menyambung silaturahim, dan amal-amal soleh lainnya yang dengan amalan tersebut Allah memberinya jalan keluar dari setiap kesulitan dan kesusahan.


Ibnu Taimiyah berkata dengan mengutip hadits Abu Hurairah yang diriwayatkan oleh Abu Hatim dalam shahihnya, sungguh orang mati dapat mendengar suara langkah kaki orang-orang yang pergi meninggalkannya. Jika ia seorang mukmin, maka shalat berada didekat kepalanya, puasa berada di sebelah kanannya, zakat disebelah kirinya, perbuatan baik seperti berkata benar, silaturahim, dan perbuatan baik kepada manusia berada didekat kaki. Ia lalu didatangi (oleh malaikat) dari arah kepalanya, maka shalat berkata, diarahku tidak ada jalan masuk. Kemudian ia didatangi dari sebelah kanan, maka puasa berkata, diarahku tidak ada jalan masuk. Kemudian ia didatangi dari sebelah kiri, maka zakat berkata, diarahku tidak ada jalan masuk. Kemudian ia didatangi dari arah kedua kakinya, maka perbuatan baik seperti berkata benar, silaturahim, dan berbuat baik kepada manusia berkata, diarahku tidak ada jalan masuk. Lalu dikatakan kepadanya, duduklah. Ia pun duduk. Kepadanya ditampakkan bentuk serupa matahari yang hampir terbenam. Ia ditanya, siapa lelaki ini yang dulu bersama kalian? Apa komentarmu tentangnya? Ia menjawab, tinggalkan aku, aku ingin shalat.

Mereka menyahut, sungguh kamu boleh melakukannya, tetapi jawablah pertanyaan kami. Ia berkata, apa pertanyaan kalian? Mereka menanyakan, apa komentarmu tentang lelaki ini yang dulu bersama kalian? Apa persaksianmu terhadapnya? Ia menjawab, Aku bersaksi bahwa ia adalah utusan Allah, dan dia membawa kebenaran dari Allah. Lalu dikatakan kepadanya, dengan dasar keimanan itulah kau telah hidup, dan dengan dasar itu kau telah mati, dan dengan dasar itu pula kau akan dibangkitkan, Insya Allah. Kemudian dibukakan baginya pintu surga , lalu dikatakan kepadanya, ini tempat tinggalmu di surga dan segala yang telah Allah siapkan untukmu. Ia bertambah senang dan gembira. Kemudian dibukakan pintu neraka, dan dikatakan, itu adalah tempat tinggalmu dan segala yang telah Allah siapkan untukmu (jika kau mendurhakai-Nya). Ia bertambah senang dan gembira.

Kemudian kuburnya diluaskan seluas tujuh puluh hasta dan diterangi cahaya, jasadnya dikembalikan seperti semula, dan jiwanya dijadikan dalam penciptaan yang baik bagai burung yang bertengger di pohon surga. [reportaseterkini.net]
loading...
Allahu Akbar!! Inilah Hal-Hal Yang Menyelamatkan Manusia Dari Azab Dan Siksa Kubur Allahu Akbar!! Inilah Hal-Hal Yang Menyelamatkan Manusia Dari Azab Dan Siksa Kubur Reviewed by Unknown on 3:16 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.