facebook KLIK PANGKAH UNTUK TUTUP Button Close
loading...

3 Golongan yang akan masuk Neraka pertama kali




Meskipun semua umat Islam dipastikan masuk surga, tapi mereka tetap akan dicuci di neraka. Diantara banyaknya orang yang masuk neraka, ada 3 golongan yang pertama masuk neraka. Golongan ini amat dibenci oleh Allah SWT dan biasanya tidak disukai karena sifatnya yang tidak ikhlas dalam mengerjakan segala sesuatu yang diperintahkan oleh Allah SWT dan dianjurkan oleh Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Yang lebih parahnya, orang-orang ini biasanya jika dilihat dengan menggunakan kacamata manusia maka nampak seperti orang terpuji.

Diberitakan bahwa ada sebuah hadits shahih yang menceritakan tentang tiga golongan pertama masuk neraka. Jika dilihat secara seksama melalui hadist yang dinilai shahih tersebut, tiga orang yang akan terlebih dahulu masuk neraka ini jika dilihat dengan menggunakan kacamata manusia maka akan terlihat seperti orang biasa atau malah sebagai seorang yang tingkah lakunya luar biasa terpuji. Tapi lagi-lagi Allah memang maha mengetahui, dimana mata-Nya lebih jeli dibanding mata manusia biasa sehingga Allah lebih mengetahui apa yang terjadi pada umatnya baik itu secara fisik maupun psikis.

1. Orang pertama yang masuk tiga golongan masuk neraka tercepat adalah orang-orang yang sholeh. Mungkin ini terdengar amat aneh, karena bagaimana mungkin seorang yang sholeh, yang setiap hari memuja nama Allah di tidurnya dan selalu melantunkan ayat-ayat Allah bisa menjadi golongan pertama yang masuk neraka terlebih dahulu dibandingkan yang lainnya? Ternyata yang dimaksud orang sholeh ini adalah mereka yang menghafalkan ayat-ayat Allah dan menjadi baik hanya untuk pujian dari orang-orang yang ada di sekitarnya semata. Hal ini menunjukkan bahwa ia tidak ikhlas menjalankan perintah dari Allah SWT.

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Barangsiapa menguraikan Al Qur’an dengan akal pikirannya sendiri dan merasa benar, maka sesungguhnya dia telah berbuat kesalahan”. (HR. Ahmad)

2. Kedua adalah mereka yang memiliki ilmu atau kepintaran di atas rata-rata dan menggunakannya untuk menolong sesama manusia. Lagi-lagi nampaknya tidak mungkin bahwa seorang yang amat berguna bagi dunia, terlebih mau membantu sesama manusia dalam kehidupan sosial bisa terjerumus kedalam neraka, bahkan lebih dahulu dibanding orang-orang yang lain. Tapi lagi-lagi ternyata hal ini mungkin saja terjadi jika kita mengingat bahwa Allah mampu mengetahui isi hati dari umatnya. Yang akan masuk neraka terlebih dahulu nantinya adalah mereka yang memiliki kepintaran dan ilmu cukup besar, tapi tujuan awalnya bukan untuk menolong sesama, melainkan untuk mendapat pujian dari orang lain. Karena ia sudah mendapat pujian dari orang-orang, tidak perlu lagi Allah SWT memujinya dan memasukkan orang-orang seperti itu ke dalam surga milik-Nya.

3. Golongan yang duluan masuk neraka yang terakhir adalah mereka yang hobi berderma di jalan Allah SWT. Tidak sedikit uang yang akan mereka keluarkan untuk membantu anak-anak yatim, disumbangkan untuk membantu pembangunan masjid, bahkan mungkin tiap bulannya tidak segan-segan mereka menghabiskan uang ratusan juta untuk mensejahterakan anak yatim. Dengan begitu banyak kebaikan yang ditunjukkan, tentu saja orang-orang seperti ini akan masuk surga, kan? Ternyata tidak. Bahkan golongan ini bisa jadi masuk dalam golongan yang pertama masuk neraka. Hal ini dikarenakan mereka seringkali tidak ikhlas meletakkan uang untuk kebaikan, dan malah berharap pujian dari orang lain.

مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْحَيَاةَ الدُّنْيَا وَزِينَتَهَا نُوَفِّ إِلَيْهِمْ أَعْمَالَهُمْ فِيهَا وَهُمْ فِيهَا لَا يُبْخَسُونَ (15) أُولَئِكَ الَّذِينَ لَيْسَ لَهُمْ فِي الْآخِرَةِ إِلَّا النَّارُ وَحَبِطَ مَا صَنَعُوا فِيهَا وَبَاطِلٌ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ } [هود: 15، 16]
“Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di Akhirat, kecuali Neraka dan lenyaplah di Akhirat apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan.” (QS. Huud: 15-16)

Itulah paparan singkat mengenai beberapa orang yang terlebih dahulu akan masuk ke dalam neraka. Jadi sebaiknya ketika kita berbuat baik, lakukan hal tersebut karena Allah agar kita tidak masuk dalam 3 golongan yang pertama masuk neraka.(kumpulan misteri).

loading...
3 Golongan yang akan masuk Neraka pertama kali 3 Golongan yang akan masuk Neraka pertama kali Reviewed by Nur Fadah on 10:31 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.